Senin, 08 September 2014

Cara Mengatasi error Matherboard Model J141



kompiku sebelumnya normal tapi pagi harinya saat mau aku nyalakan malah error;
1. Fan prosessor nyala.
2. Mouse nyala
3. Keyboard mati.
4. Lampu power mati.Hanya berkedip saat on/off.

Perbaikan yang saya lakukan;
1. Bersihin RAM, VGA, Mobo.
2. Ganti RAM--tetep nggak nyala
3. Copot batre CMOS, clear CMOS (pake jumper) tapi tetep tidak kluar bunyi beep
4. Semua aku lepas, hanya tersisa mobo+monitir tetep aja nggak nyala n nggak bunyi beep.
5. Cek Prosessor saat dihidupkan kayaknya masih OK karena terasa hangat agak panas saat dipegang (tanpa HSF).

Motherboard PC/Personal Computer yang ada saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan pendeteksi terjadi nya korslet atau hub.pendek pada rangkaian sehingga jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis fungsi Power Switch tidak bisa digunakan alias Motherboard menjadi Matot(Mati Total) hal ini dimaksudkan untuk menghindari hub. pendek pada Motherboard yang bisa merusak komponen elektronik yang ada pada Motherboard tsb.

gejala...
1. mouse tetap menyala tapi tidak berfungsi,,,,,
2. key board tidak berfungsi, lampu indikator pada keyboard tidak menyala
3.Di monitor ada tu;isan loading windows, berarti prosessor dan hardisk masih berfunsi dengan baik

langkah-langkah yang perlu diambila adalah

Tips mudah

Cari Jumper bertuliskan Clear Cmos yang biasa disingkat clr/J1 yang terletak di dekat batu bios. Kemudian rubah posisi jumperatau bisa dilepas. Lalu tekan tombol power beberpa kali, kemudian pasang jumper pada posisi seperti awal.

(Jangan melakukannya jika Anda tidak yakin dengan saran ini)

Jika Anda menemukan kasus serupa dapat dilakukan secara manual untuk mengetes masih bekerja atau tidaknya motherboard dengan memasukkan motherboard ke tiner sekitar 2 menit lalu blower sampai kering. Tiner disini hanya sebagai pembersih saja jadi jangan memasukkannya terlalu lama.

Jika tidak ada Tiner, cara terekstrim yang bisa dilakukan adalah cukup mencelupkan motherboard ke air biasa, fungsinya untuk menghilangkan arus yang masih mengendap di komponen, lalu kibas-kibaskan sampai air hilang, kemudian jemur di bawah terik matahari sampai motherboard benar-benar kering.

Jika sudeh kering, kemudian bisadicek. Kalau masih belum berhasil berarti motherboard sudah rusak parah. Terimakasih, semoga berguna.


langkah ke 2

Dan Jika Keyboard kita juga tidak berfungsi
Kita bisa gunakan Keyboard virtual yang di berikan OS masing-masing. caranya : Menuju ke start>all program>accessories>accessibility >on-screen keyboard . tampilanya seperti di bawah ini mas bro.

atau cek yang ini...
1. Mouse tidak terdeteksi oleh PC

Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenal oleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Pesan kesalahan tersebut adalah seperti gambar 9 berikut ini :

Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik. Untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan:

· Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.

· Setelah itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa selanjutnya.

Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui device manager.

ini gambar power yang masuk pada motherboard


Penting: sangat sangat penting jika Anda meluangkan waktu yang untuk memeriksa bagian dalam komputer Anda untuk sesuatu yang dapat menyebabkan korslet. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk memecahkan masalah ini, Anda mungkin akan berakhir dengan penggantian hardware mahal tanpa alasan yang bagus.

Korsleting listrik di dalam komputer sering disebabkan oleh sekrup, dalam kasus ini yang telah kontak fisik dengan logam pada motherboard atau komponen internal lainnya. Sekrup yang digunakan untuk mengamankan hampir setiap komponen bagian dalam kasus termasuk kartu video, kartu suara, hard drive, drive optik, dll. Goyang-goyangkan PC Anda, jika ada bunyi gemeretak kemungkinan ada sekrup yang telah lepas, gunakan obeng yang kecil dan agak panjang untuk membantu mengeluarkannya.

Korsleting listrik di dalam komputer kadang-kadang juga disebabkan oleh kabel yang telah kehilangan lapisan pelindung mereka dan membuat kontak fisik dengan komponen internal.


Uji PC menggunakan Power On Self Test card. Jika komputer Anda tetap tidak menampilkan apapun pada monitor meski hanya dengan hardware yang penting saja, POST card akan membantu mengidentifikasi hardware mana yang bermasalah.



Terakhir, jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional di pusat servis komputer atau dari servis resmi produsen komputer Anda. Sayangnya, tanpa POST card dan juga tanpa suku cadang pengganti, Anda tidak akan tahu hardware mana yang bermasalah. Dalam kasus ini Anda memiliki sedikit pilihan selain mengandalkan individu atau perusahaan yang memiliki sumber daya tersebut.


Jumper pada Motherboard

1. Jumper Clear CMOS

Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya terdapat 3 kaki (pin) pada jumper ini. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan me-reset CMOS (sebuah IC program pada Motherboard) pada posisi default (Setting Awal/Pabrik).

Biasanya pada pin ke 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS pada posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada CMOS/BIOS. Dan bila Jumper kita ubah pada posisi 2 dan 3, maka komputer akan kembali pada posisi default.

Lalu untuk apa posisi default? Tentu saja, bila kita melakukan setting yang salah terhadap CMOS/BIOS maka bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan komputer tidak bisa hidup, maka dengan melakukan Clear CMOS komputer akan kembali ke posisi awal sebelum kita melakukan perubahan pada CMOS/BIOS.

Begitu pula Jumper Clear CMOS ini bisa digunakan bila komputer tidak bisa hidup akibat kita lakukan perubahan pada hardware, misalnya processor, tetapi karena CMOS/BIOS anda telah menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu membaca processor yang baru saja anda gantikan maka Jumper ini bisa anda gunakan.

Jumper ini juga digunakan bila anda lupa pada password yang anda buat di BIOS. Dengan melakukan Clear CMOS, maka password yang anda buat akan hilang dengan sendirinya.

2. Jumper Bus Clock/Bus Speed

Jumper ini berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada processor. Pada saat ini, hampir bisa dibilang jumper ini jarang digunakan. Fungsi setting yang tadinya diatur oleh jumper sekarang sudah dibuat outo atau bisa disetting lewat BIOS.

Pada gambar disamping ini adalah salah satu contoh dari komputer Pentium I, yang terdiri dari Bus 50, 55, 60, 66 dan 75. Bus ini terdapat pada processor. Disetiap Bus yang kita pilih, ada petunjuk mengenai penggunaan jumpernya.

3. Jumper Bus Ratio

Seperti halnya jumper Bus Clock/FSB, jumper ini pun bisa dibilang sudah tidak dipergunakan kembali. Jumper ini adalah ratio perkalian dari processor. Misalnya processor Pentium I 133 MHz dengan Bus/FSB 66, maka Rationya adalah 2x. Maka kita melakukan setting sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada keterangan baik di Motherboard maupun buku manual.

4. Jumper VGA

Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang menyediakan VGA onboard beserta Slot VGA sebagai tambahan. Jumper, biasanya terdiri dari 3 kaki/pin yang digunakan untuk memilih apakah yang digunakan VGA onboard nya atau Slot VGA. Sama sepert jumper bus clock, jumper ini sudah jarang dipergunakan dan diganti dengan outo setting, sehingga tanpa melakukan setting apapun, VGA akan memilih sendiri yang mana yang dipergunakan.

5. Jumper Audio

Jumper Sound, adalah jumper yang dipergunakan untuk mengaktifkan suara. Jumper ini biasanya terdiri dari 10 pin berjejer dengan pin nomor 8 kosong. Bila anda mengaktifkan Audio di depan Casing, maka otomatis, soket Audio di casing telah mengaktifkan jumper Audio ini. Tapi bila tidak, persiapkanlah sebuah jumper untuk menghubungkan pin nomor 5 dan 6, juga pin nomor 9 dan 10, sebab bila tidak suara tidak akan keluar sekalipun driver telah masuk. Dan kejadian ini sering terjadi dimana Audio tidak bisa terdengar dan orang yang tidak mengerti akan kebingungan dan mengira Sound onboard dari Motherboard anda mati.

6. Jumper USB Power

Anda pernah mengalami kejadian USB anda tidak bisa berfungsi? atau berfungsi hanya di Windows? Tidak di DOS (misalnya dengan penggunaan Keyboard USB)? Mungkin anda tidak mengaktifkan Jumper USB Power.

Jumper ini ada di hampir semua Motherboard yang memiliki USB Socket. Jumper ini terdiri dari 3 kaki/pin. Bila tidak dipasang, maka USB anda tidak akan berfungsi. Bila di pasang pada salah satu kaki, misalnya pin 1 dengan pin 2 atau pin 2 dengan pin 3, maka akan punya pengaruh yang berbeda. Yang satu tidak akan bisa mengaktifkan USB di DOS.

7. Jumper Memory/RAM

Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang memiliki fasilitas 2 jenis Slot memory, misalnya Motherboard yang memiliki slot memory SDRAM dan DDR1, atau DDR1 dengan DDR2, maka untuk memilih salah satu slot diperlukan setting jumper memory.


Jumper pada Harddisk atau Optical Disk (CDRom, DVD, dll)

Jumper pada Harddisk dan Optikal Disk biasanya untuk menentukan status pada harddisk atau optical disk. Status pada harddisk/optical disk apakah dia akan menjadi Master (tuan) atau Slave (budak).

Hal ini penting di perhatikan tatkala kita melakukan tundem (penggabungan harddisk dengan harddisk, atau harddisk dengan optical disk pada satu kabel). Bila status sama-sama master, maka keduanya tidak akan terdeteksi oleh Motherboard. Karena itu yang satu harus menjadi Master (tuan) dan yang satu menjadi Slave (budak).

Pada Motherboard tertentu, status Slave (budak) pada harddisk tunggal (tanpa melakukan tundem) tidak akan dapat di deteksi oleh Motherboard.



memakai.....sistym linux

operasi linux

1 komentar:

  1. JTG Casino Hotel in Columbus, OH - Ticket Price History
    Find JTG Casino Hotel, 용인 출장샵 located in Columbus, OH ticket prices. Click 군포 출장안마 for details. JTG Casino Hotel and Hotel has a total 이천 출장마사지 of 590 rooms Jan 14, 2022Joey Fazio 군포 출장샵 - Casino - JTG Casino 아산 출장샵

    BalasHapus